Sabtu, 17 Mei 2014

Microsoft Excel

Microsoft Excel umumnya berfungsi dalam pengolahan data berupa angka. Dalam Ms. Excel lembaran kerjanya berbeda dengan Ms. Word. Tampilan lembar kerja pada Microsoft excel berbentuk sekumpulan sel-sel yang dapat dijadikan tabel dengan mudah.

A. Rumus-Rumus Pada MS.Excel
Microsoft excel mempermudah pengolahan angka dengan menyediakan rumus, yang berfungsi untuk mengolah angka secara otomatis. Berikut adalah beberapa rumus yang sering digunakan pada Ms. Excel:
  • - Average: rumus untuk menghitung rata-rata 
  • - SUM: rumus untuk menjumlahkan angka 
  • - MIN: menentukan nilai angka yang terkecil 
  • - MAX: menentukan nilai angka terbesar 
  • - IF: sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fung IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah. Seluruh jenis formula ini terletak pada menu “Formulas” dan sub menu “Insert Function”.
1. Penggunaan rumus AVERAGE
Letakkan kursor pada sel yang akan menempatkan nilai rata-rata. Kemudian masuk pada menu “Formulas”, lalu pilih submenu “Insert Function”. Maka akan muncul kotak dialog insert function, pada kotak dialog pilih fungsi AVERAGE. Apabila penempatan kursor pada sel yang benar, maka dengan otomatis nilai rata-rata akan muncul. . Apabila tidak sesuai, bida dilakukan secara manual, yaitu hanya mengklik dan drag dari setiap sel yang akan di cari nilai rata-ratanya.

2. Penggunaan rumus SUM
Letakkan kursor pada sel yang akan menempatkan nilai jumlah dari data yang akan dijumlahkan. Kemudian masuk pada menu “Formulas”, lalu pilih submenu “Insert Function”. Maka akan muncul kotak dialog insert function, pada kotak dialog pilih fungsi SUM. Apabila penempatan kursor pada sel yang benar, maka dengan otomatis nilai total penjumlahan akan muncul. Apabila tidak sesuai, bida dilakukan secara manual, yaitu hanya mengklik dan drag dari setiap sel yang akan di cari nilai penjumlahannya.

3. Penggunaan rumus MIN dan MAX
Letakkan kursor pada sel yang akan menempatkan nilai rata-rata. Kemudian masuk pada menu “Formulas”, lalu pilih submenu “Insert Function”. Maka akan muncul kotak dialog insert function, pada kotak dialog pilih fungsi MIN/MAX. Apabila penempatan kursor pada sel yang benar, maka dengan otomatis nilai angka terendah atau tertinggi akan muncul. Apabila tidak sesuai, bida dilakukan secara manual, yaitu hanya mengklik dan drag dari setiap sel yang akan di cari nilai tertting atau terendah.

4. Penggunaan rumus IF
Penggunaan formula IF cukup rumit, namun pada umumnya rumus IF dapat dilakukan secara manual dengan cara mengetik rumus: 
=if(cell penentu>=logika, hasil yang benar,hasil yang salah)